laut
twisata.com

Seperti yang kita ketahui, bahwa Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang merupakan terbesar di dunia. Dengan jumlah panjang garis pantai sekitar 81.000 kilometer, dan jumlah pulaunya yang lebih dari 17.500 pulau, negara kita ini menyimpan potensi alam yang luar biasa.

Jika di daratnya sudah terbukti memiliki berbagai keindahan alam serta keunikan flora dan faunanya, maka perairannyapun tidak kalah memukau dengan beragam biota laut yang menghuninya. Untuk itulah banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia berkunjung ke Indonesia hanya untuk menikmati keindahan alamnya.

Banyak sekali cara untuk menikmati indahnya kekayaan biota laut yang ada di Indonesia. Salah satunya seperti aktivitas diving dan snorkeling. Selain itu kita juga bisa menyimaknya dari berbagai wahana wisata yang biasa  menawarkan berbagai macam kecantikan biota bawah laut Indonesia.

Aktivitas mengagumi kekayaan biota laut ini selain untuk berwisata , juga bisa menambah wawasan serta pengetahuan baru mengenai jenis-jenis biota laut beserta kebiasaan hidup dan habitat alaminya. Jadi intinya aktivitas wisata yang satu ini dapat memberikan edukasi  yang berharga kepada mereka yang melakukannya.

Mengamati biota laut tidak hanya bisa di lakukan dengan cara mengunjungi habitat aslinya dengan  menyelam di laut lepas ataupun snorkeling. Tetapi bisa juga melalui wahana wisata yang menyediakan beragam biota laut yang mirip dengan kondisi sebenarnya.

Di Indonesia sendiri ada banyak destinasi wisata seperti itu. Sebut saja Seaworld Ancol, wahana ini sudah ada sejak 23 tahun yang lalu. Berlokasi di di Ancol, Jakarta Utara, membuat kawasan ini selalu ramai oleh pengunjung karena letaknya juga yang strategis.

Di sini anda akan di manjakan dengan beragam koleksi biota laut, mulai dari ikan yang mungkin anda konsumsi setiap hari sampai ikan yang berasal dari laut dalam serta beragam  ikan hias. Hewan laut yang di koleksi di Seaworld Ancol ini berupa 126 jenis ikan, 5 jenis reptil, 13 avertebrata.

Selain itu juga terdapat beberapa jenis akuarium, mulai dari akuarium utama, terumbu karang dan yang terakhir lorong antensena. Ukuran dari akuarium utama yaitu 36 meter x 24 meter dengan kedalaman sekitar 4,5 m-6 m dan berisi sekitar  37 persen ikan di dunia!

Keanekaragaman   biota bawah laut yang ada di Seaworld Ancol, menjadikannya sebagai destinasi wisata  yang dapat memberikan kegembiraan dan edukasi yang tentunya sangat berharga bagi setiap pengunjungnya.

Advertisements