Medan, Sumatera Utara, mempunyai tempat wisata yang sangat bagus dan menakjubkan. Adapun tempat wisata itu adalah Air Terjun dengan airnya yang sangat jernih mengalir dari atas bukit.

Jika kita tiba di Kota Medan dan melakukan perjalanan yang tidak teramat jauh menuju ke bukit dan tengah hutan, maka air terjun yang dimaksud akan terlihat dan langsung menyapa pelancong dengan pesona keindahannya.

Sebenarnya ada banyak tempat air terjun di Medan, Sumatera Utara, tapi saya hanya menampilkan tiga gambar saja untuk dijadikan referensi bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam di Medan.

Tempat-tempat wisata air terjun di Medan, Sumatera Utara ini juga sangat cocok dijadikan asah mental dalam petualangan karena medannya yang agak curam.

1. Wisata Air Terjun Sigura-gura.

Air Terjun Sigura-Gura/foto http://www.anthonynh.blogspot.com

Berada agak jauh dari pusat Kota Medan, -+250 km, Air Terjun Sigura-gura banyak dikunjungi oleh pelancong.

Air terjun Sigura-gura sendiri ada berkat Sungai Asahan yang mengalir menembus belantara. Sementara itu Sungai Asahan sendiri berasal dari Danau Toba.

Bisa jadi ketinggian Air Terjun Sigura-gura yang mencapai 250 meter tersebut tertinggi di Indonesia.

Hampir di sepanjang Sungai Asahan ini sering digunakan untuk kegiatan olah raga, arung jeram.

Banyak masyarakat di sepanjang Air Terjun Sigura-gura memanfaatkan aliran air terjun sebagai penggerak generator. Ya, memang sangat menakjubkan sekali wisata Air Terjun Sigura-gura di Medan tersebut.

 

2. Wisata Air Terjun Sipiso-Piso.


Air Terjun Sipiso-Piso/foto http://www.anthonynh.blogspot.com

Bukan hanya Air Terjun Sigura-gura yang ada di Medan, Sumatera Utara, akan tetapi masih ada air terjun lain yang tak kalah bagus pemandangannya dengan Sigura-gura.
Air Terjun Sipiso-Piso, tempat wisata yang satu ini juga banyak memberikan kekaguman bagi kita. Air Terjun Piso-Piso merupakan obyek wisata andalan Provinsi Sumatera Utara.

Ketinggian Air Terjun Piso-Piso mencapai 120 meter, terletak di Desa Tongging, Merek, Karo, Sumatera Utara.
Letak Air Terjun Piso-Piso tidak jauh dari Danau Toba. Terbentuknya air terjun Piso-Piso yakni dari sungai di bawah tanah di Plato Karo dan mengalir melewati sisi kawah Danau Toba.

3. Wisata Air Terjun Lae Pendaroh.

Air Terjun Lae Pendaroh/foto http://www.anthonynh.blogspot.com

Laen Pendaroh berarti air berdarah. Air Terjun Lae Pendaroh memang sangat unik, sebab sewaktu-waktu airnya bisa berubah merah seperti darah.
Air Terjun Lae Pendaroh yang terletak di Kabupaten Dairi ini menjadi salah satu obyek wisata yang mudah dikunjungi, sebab letaknya berada di pinggir jalan lintas provinsi.

Banyak dari pengguna jalan yang kemudian beristirahat di sekitar kawasan wisata tersebut. Selain melepas lelah saat perjalanan, dari kawasan wisata Air Terjun Laen Pendaroh itu kita bisa melihat indahnya Pegunungan Bukit Barisan, sangat menakjubkan bukan?

Advertisements