Wilayah Indonesia banyak terdapat keanekaragaman akan keindahan alam. Banyak tempat wisata di negeri ini yang menjadi tujuan utama para turis domestik dan mancanegara.

Indonesia sejak dahulu kala menyuguhkan pemandangan alam yang mempesona. Di beberapa daerah, ada banyak tempat wisata seru dengan segala keunikan masing-masing, begitu juga dengan Siak.

Siak Sri Indrapura, di tempat tersebut banyak menyimpan kekayaan akan budaya negeri yang menjadi tempat wisata bernilai tinggi, begitu juga dengan wisata alamnya yang wow keren.

Bila Anda berada di Siak Sri Indrapura maka banyak obyek wisata menawan yang akan memanjakan mata kita, seperti obyek wisata Istana Siak, Masjid Syahabuddin, Balai Kerapatan Adat, Klenteng Hock Siu Kiong dan Bangunan Merah, Kolam Hijau, Makam Raja Kecik, Makam Raja Sultan Siak II, Sunset di pinggir sungai yang sangat indah dan yang lainnya.

Siak terkenal dengan pesona alam dan budaya yang sangat lekat hingga sekarang. Berada sekitar 95 km dari Kota Pekanbaru, Siak sangat mudah di datangi dengan melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor maupun mobil.

 

1. Istana Siak.

Istana Siak/liandamarta.wordpress.com

Siapapun tahu dengan Istana Siak. Obyek wisata tersebut sangat cocok dijadikan tempat berlibur bersama keluarga dan atau sahabat.

Keberadaan Kerajaan Siak sendiri tidak bisa lepas dari Kesultanan Melayu (Malaysia), sebab ada sil-silah yang menerangkan jikalau Kerajaan Siak tersebut berkaitan dengan Kesultanan Melayu.

Sebagai tempat yang mempunyai nilai budaya tinggi, Istana Siak pun sering dikunjungi oleh para pelancong domestik dan mancanegara. Adapun biasanya jam buka Istana Siak untuk para turis yaitu mulai jam 9 pagi sampai jam 4 sore, di hari Minggu.

Khusus hari Jum’at Istana Siak ditutup sementara, selanjutnya akan dibuka kembali untuk umum pada jam 11 siang dan jam 2 siang.

Untuk harga tiket sendiri sangatlah murah, yaitu cuma Rp3.000,- untuk wisatawn lokal, sementara Rp10.000,- untuk wisatawan manca.

 

2. Masjid Syahabuddin.

Masjid Syahabuddin/bayuwinata.wordpress.com

Masjid Syahabuddin sangat terkenal seperti halnya Istana Siak. Masjid Syahabuddin letaknya berdekatan dengan Istana Siak.

Masjid Syahabuddin adalah yang tertua di Kabupaten Siak. Masjid Syahabuddin ini mulai didirikan pada 1926 di sekitaran tempat Sultan Al-Said Al-Kasyim Abdul Jalil Saifuddin.

Dengan interior dominasi warna putih dan hijau serta lampu gantung di tengah ruangan, semakin menambah suasana religius Masjid Syahabuddin ini.

Bagaimana sobatku, tertarik kan untuk mampir di Istana Siak dan Masjid Syahabuddin tersebut?

Advertisements